Siapa sih di sini yang tidak tahu tentang mainan legend bongkar pasang? Mainan ini sangat terkenal dan banyak dimainkan pada tahun 90-an.

Permainan ini sangat terkenal di Indonesia khususnya di kalangan anak-anak perempuan. Bahkan hingga dewasa pun masih ada yang memainkan permainan ini dan memasarkan produk ini sampai ke luar Indonesia.

Roro Dinar Memperkenalkan BP ke Luar Negeri

sumber: https://www.instagram.com/p/C8BfMbXS6jG/?img_index=1

Roro Dinar adalah wanita kelahiran asal Yogyakarta. Selain memperkenalkan produk BP, dia juga  selebgram, loh. Dia adalah illustrator yang menekuni dunia paper doll, bahkan memilih paper doll sebagai bisnis UMKM nya.

Selain aktif sebagai content creator, dia juga punya kanal YouTube yang berisi tentang tutorial menggambar. Dia selalu mempromosikan produknya di platform Tik-Tok, yang banyak digunakan anak muda. Tidak hanya mainan BP, dia juga membuat gantungan kunci dan poster.

Saya sih sebenernya masih mengembangkan bisnis usaha kecil dibidang ilustrasi yang kebetulan sudah saya kembangkan sejak April 2021. Aktif sebagai content creator, saya punya channel YouTube yang disitu isinya lebih banyak mengenai tutorial cara menggambar, karena saya illustrator, dan saya tuh suka banget menginspirasi orang lain untuk ayo ikutan jualan, ikutan jualan, selain itu saya mempromosikan dagangan saya itu di Tik Tok, karena sekarang kayaknya anak muda pada pake Tik Tok semua, jadi ya udah saya ikutan pake Tik Tok. Juga untuk mempromosikan, gitu.” ujar Roro Dinar kepada Antok Wesman (Pewawancara). Karena dia adalah illustrator, mudah baginya membuat model permainan BP yang dia inginkan.

Baca juga: Roblox "Dress to Impress" sebagai Evolusi Permainan Bongkar Pasang

Karya Roro Dinar

source: https://www.instagram.com/p/DCAG69MTQik/?img_index=1

Sampai saat ini dia sudah membuat lebih dari 1.000 karakter dan kerennya, setiap karakter memiliki namanya tersendiri. Roro Dinar memiliki spesifikasi tentang mainan BP yang dibuatnya. Dia membuat kategori berdasarkan nama-nama musim.

Contohnya, jika sedang musim dingin, dia membuat karakter musim dingin atau disebut juga Snow Character. Jika sedang musim panas, dia sebut karakternya Summer Character.

Dia juga memiliki karakter yang disebut Light dan Premium yang membuat produknya semakin menarik. Dengan ini, tidak heran bahwa produknya mampu mencakup pasar luar yang luas, seperti Singapura, Thailand, Hong Kong dan juga Filipina di e-commerce.

Tidak seperti kebanyakan orang, Roro Dinar lebih memilih menekuni dunia ilustrasi nya dibanding bekerja di kantoran. Namun, Roro memiliki kendala di produknya yang sudah banyak bahkan lebih dari ribuan produk yang dia buat.

Tantangan Roro Dinar

Roro bingung untuk mengurus hak cipta dari setiap produknya. Terlebih lagi, ada oknum yang secara terang-terangan menjiplak karyanya itu.

Roro masih beruntung karena memiliki teman yang dapat membantunya menandakan mana karya orisinal buatannya. Dengan ini, Roro menjadi lebih tenang dalam menghadapi para oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Kalian anak muda yang mempunyai jiwa seni, kalian juga bisa mempunyai hasil karya diatas kertas yang bernilai” pesan Roro untuk para kaum muda yang mungkin sedang kebingungan mencari lowongan pekerjaan saat ini. Bahkan selembar kertas mampu bernilai dan terkenal hingga ke luar negeri. Ide-ide kecil mampu mengubah setiap orang di dunia ini.

Jadi, gimana teman-teman? Apakah kalian masih takut untuk berkarya? Roro Dinar adalah contoh orang yang mampu berkarya dan memperkenalkan karyanya sampai ke luar negeri dengan hanya bermodalkan kertas dan kreativitas.

Jangan ragu untuk belajar tentang hal baru. Tidak ada kata terlambat untuk belajar, apa pun ilmunya selagi itu bermanfaat, pasti berguna untuk menjalani kehidupan ini.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *